Pendakian Gunung Penanggungan Via Tamiajeng

Gunung pawitra atau sekarang dikenal dengan nama gunung penanggungan merupakan gunung yang terletak diwilayah kabupaten mojokerto dan pasuruan. memiliki ketinggian 1653 mdpl membuat gunung ini diminati oleh para remaja sampai yang dewasa untuk melakukan pendakian baik ngecamp maupun tektok, bonus mendaki gunung penanggungan yaitu keindahan gunung arjuno dan welirang serta bukit-bukit yang ada disekitar gunung penanggungan. seperti puncak sarah kelopo (1275 mdpl), puncak bekel (1.238), puncak kemuncup (1227 mdpl) dan puncak gajah mungkur (1.087 mdpl).

Gunung penanggungan memiliki beberapa jalur pendakian, dan kali ini aku melakukan pendakian lewat jalur tamiajeng, jalur ini sangat terkenal dan mungkin jalur paling ramai apalagi saat akhir pekan.

Estimasi waktuku sampai puncak gunung penanggungan lewat jalur ini yaitu 3.5 jam dengan jalan santai dan menikmati keindahan alam gunung penanggungan, tidak lupa juga dengan dokumentasi foto dan video.

Cara registrasi pendakian gunung penanggungan via tamiajeng

Untuk registrasi pendakian teman-teman bisa langsung ke pos perijinan yang ada di basecamp atau pos 1 gunung penanggungan. setelah daftar akan ada briefing dari tim sar sebelum melakukan pendakian untuk mengingatkan dan memberikan informasi mengenai gunung penanggungan serta jalan yang akan dilewati.

Kita memastikan sebelum berangkat logistik yang dibawah sudah mencukupi kebutuhan saat ada di jalur pendakian.

oh iya, Teman-teman juga bisa melakukan registrasi secara online di aplikasi tiket pendakian. jalur yang bisa daftar online di aplikasi ini via kedungudi, jolotundo, genting dan tlogo.

Estimasi Waktu

Pos 1-2  -+(30 menit) an dengan jalan yang masih landai tapi sudah bebatuan, di pos 2 ini ada sebuah warung, jadi teman-teman bisa istirahat sejenak untuk membeli logistik yang mungkin kurang seperti air dan camilan atau hanya istirahat di pos 2 depan warung.

Pos 2-3  -+(25 menit) an dengan jarak pos tidak terlalu jauh tapi jalannya sudah mulai sedikit menanjak. dari pos 2 ini sudah masuk ke dalam hutan lebat dengan jalan kombinasi tanah, sedikit bebatuan dan akar pohon, jadi perhatikan langkah teman" saat melewati jalur ini supaya tidak tersandung.

dipos 3 ini aku istirahat -+ 10 menitan.

Pos3-4 -+(40 menit) an jalur pos 3-4 ini masih sama dengan jalan yang masih banyak akar pohon, jadi teman-teman harus lebih hati" saat melangkah supaya tidak tersandung, tapi kalau tersandung jatuhnya ke pulukan doi sih gapapa ya teman" ehehehe

pos 4-5 atau puncak bayangan -+(40 menit) an dengan jalur yang lumayan menanjak dan sangat menguras tenaga, disini aku sering berhenti karena sudah kehabisan tenaga di pos-pos sebelumnya meskipun disetiap pos selalu istirahat sekitar 10 menitan.

sampai di pos 5 atau puncak bayangan teman" akan melihat keindahan sampah-sampahnya, eh maksudku keindahan puncak gunung penanggungan yang pada saat itu cerah sedikit kabut.

disini ada beberapa warung yang jual beberapa aneka camilan, air, dan juga buah" an seperti semangka dan melon. aku langsung saja menuju ke salah satu warung disana untuk membeli buah semangka. setelah perjalanan cukup lama memakan buah sembari menikmati keindahan alam dari puncak bayangan sangatlah kenikmatan sendiri bagiku. setelah 15 menitan di puncak bayangan aku melanjutkan jalan untuk ke puncak penanggungan.

Dari puncak bayangan ke puncak penanggungan inilah jalannya sangat menanjak dengan kemiringan hingga 45 derajat. dijalan aku sering berhenti untuk istirahat sejenak untuk minum dan mengatur nafas. karena untuk mengatur keungan aku sudah tidak bisa apalagi mengatur doi yang bukan siapa-siapanya.

Eh lanjut mengenai gunung penanggungan ya, kesasar melulu nih skripsiku hihihi

saat jalan dari pos bayangan ke puncak penanggungan teman" mulai bisa menikmati keindahan gunung arjuno-welirang dan bukit yang ada dibawah gunung penanggungan seperti puncak sarah klopo.

setelah 1 setengah jam berjalan aku sampai di puncak penanggungan dengan cuaca cerah sedikit kabut dan juga sudah banyak orang yang sudah ada dipuncak penanggungan. dipuncak penanggungan ada juga yang jualan air minum dan camilan, dan kali ini aku mau beli cilok di puncak penanggungan, ingin tau gimana rasanya silahkan teman" coba sendiri supaya tidak penasaran dan mau naik ke penanggungan sama aku. eh maksudnya sama teman-temannya.

sudah 1 jam dipuncak penanggungan akhirnya aku turun dan melakukan dokumentasi dibatu legendaris yang terkenal di gunung penanggungan via tamiajeng yaitu di puncak garuda.

estimasi turun tidak aku hitung ya teman" karena emang jalan santai untuk menikmati keindahan alam dan membuat kopi serta sekedar tidur di pos 4. turun sampai basecamp sekitar jam 17.00, itu artinya 4.5 jam perjalanan turun. 

sampai sini dulu video dokumentasi ini aku buat jika teman-teman suka dengan videoku jangan lupa untuk like, share dan subscribe. terima kasih sudah menonton.

Posting Komentar